9 Langkah Sukses Memulai Bisnis Rumahan

  • July 23, 2020

sekali, coba cari tahu makanan apa yang sedang hits di masyarakat. Cari tahu berapa modalnya, untung ruginya, target pasarnya, bahan dan bumbu masakannya, hingga lokasi mana yang cocok untuk membuka bisnis ini.

Memiliki bisnis sendiri atau mencoba wirausaha membuat Anda leluasa untuk dapat mengatur pemberdayaan dan mengembangkan perusahaan. Namun tidak sedikit orang yang telah berusaha untuk dapat mewujudkan impiannya, berikut beberapa cara menjadi pengusaha sukses yang bisa Anda terapkan.

Perlu dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis yang dipilih memiliki prospek dan memahami peta persaingan dalam usaha tersebut. Karena ketika pebisnis mundur sebelum sampai tujuan, segala strategi dan rencana yang jitu serta produk yang mumpuni menjadi sia – sia semuanya. Bagaimana pun, Anda jangan pernah ragu bertanya, baik Anda pebisnis pemula maupun sudah bergelut cukup lama di bidang usaha. Konsultasi bisa Anda lakukan dengan bertanya pada pebisnis yang lebih berpengalaman atau bahkan langsung menyewa tenaga ahli. Dengan menggunakan tenaga ahli, mintalah mereka untuk mengevaluasi kelemahan dan kekuatan bisnis Anda.

Oleh karena itu, Anda harus membandingkan harga produk semua kompetitor Anda. Di angka berapa, konsumen rela mengeluarkan uangnya untuk membeli produk tersebut.

Tentu saja para pelanggan terdiri dari orang-orang yang biasa mencari tempat meeting, suasana baru, para pecinta kopi, orang yang ingin sendiri, dan lain sebagainya. Saat kita membaca artikel, menonton video, dan segala kesaksian seseorang dalam perjalanannya membangun sebuah bisnis, perjalanan tersebut tampak terjal tapi mudah dilalui. Kita pun biasanya langsung semangat dan mulai mengumpulkan ide-ide untuk membuka sebuah usaha. Memang tidak gampang, tapi langkah pertama sangat diperlukan.


Kebanyakan dari orang hanya memiliki konsep yang kuat saja untuk memulai bisnis, tapi praktiknya tidak ada. Yang ada nanti ide tersebut terlupakan dan hanya jadi angan-angan.

Menganalisis website dan media sosial kompetitor saja tidak cukup, Anda juga perlu mengecek review pelanggan mereka. Dari review produk, Anda bisa mendapatkan informasi penting mengenai kelebihan dan kekurangan kompetitor langsung dari pelanggan. Anda membutuhkan data yang objektif sebagai fondasi bisnis online yang kuat.

Forbes pun menyarankan agar Anda jangan ragu meminta para ahli untuk mencarikan skema terbaik demi menumbuhkan bisnis Anda. Karena dengan begitu, rekam transaksi menjadi lebih rapi dan mudah terdeteksi. Bagi pengusaha muda atau yang baru terjun ke dunia bisnis, mencari keuntungan yang banyak dalam waktu singkat sering menjadi godaan paling berat.

Melalui riset pasar ini, Anda bisa mendapatkan data-data tersebut. Jadi Anda bisa mengambil keputusan yang didasari data-data objektif, bukan sekadar asumsi dan opini. Tidak semua masalah punya potensi untuk dijadikan bisnis online. Anda perlu mencoret masalah-masalah yang tidak memiliki potensi bisnis. Lalu pilih satu masalah yang punya potensi bisnis dan Anda punya solusinya.

Dalam membangun usaha, agar berkelanjutan, perlu mempertimbangkan sumber permodalan, apakah akan meengandalkan modal sendiri (bootstrapping) atau mencari investor. Berhasil tidaknya usaha salah satunya tergantung dari produk yang dijual.

sony

E-mail : admin@jonahmancini.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*